4 Kesalahan Desain Website yang Sering Dilakukan

Thursday, 9 December 2021

desain website

4 Kesalahan Desain Website yang Sering Dilakukan – Dalam proses pembuatan website memang memerlukan sense desain untuk menghasilkan desain yang berkualitas dan tentu saja profesional. Untuk seorang web developer maupun web desainer memiliki sensitifitas lebih tinggi dalam hal mendesain website, dari pemilihan warna, layout sampai dengan pemilihan gambar yang akan digunakan.

Untuk mendesain website memang memerlukan keterampilan yang bisa didapatkan dari kebiasaan dan latihan. Bagaimana dengan Anda? dalam mendesain website apakah sudah cukup pro atau masih basic?

Dalam mendesain website, umumnya pembuatan website pemula masih mengalami banyak kendala sampai dengan membuat beberapa kesalahan baik ringan maupun berat. Berikut adalah beberapa kesalahan desain website yang sering dilakukan.

desain website
Kesalahan Desain Website yang Sering Dilakukan

Berikut adalah beberapa ulasan mengenai kesalahan yang sering dilakukan desainer website. Dengan mengetahui informasi ini, bisa jadi Anda lebih mengetahui kesalahan yang pernah Anda lakuka

Salah Memilih Gambar

Salah memilih gambar yang dimaksudkan disini adalah pemilihan gambar dengan kualitas yang kurang bagus misalnya dengan resolusi kecil sehingga menyebabkan tampilan gambar di website lebih blur.

Kesalahan memilih gambar ini juga berlaku untuk pemilihan gambar dengan komposisis warna yang kurang selaras dengan tema/tampilan website sehingga hal ini menyebabkan tampilan kurang pas, kurang enak dipandang bahkan juga terlihat tidak profesional.

Memang cukup penting sebelum membangun website untuk menyiapkan materi yang dibutuhkan, misalnya penyiapan gambar yang bagus, dengan tema yang selaras dengan website. Untuk mendapatkan gambar yang bagus, tidak susah sekarang ini, Anda bisa mendownloadnya di portal pengunduhan gambar gratis maupun berbayar, atau Anda bisa menggunakan gambar yang Anda ambil sendiri.

Baca Artikel Tentang Inspirasi Desain Website Pribadi yang Bikin Kamu Terpesona

Akibat dari penggunaan gambar yang kurang tepat ini, website Anda terlihat kurang profesional dan tentunya kurang menarik minat audience. Bayangkan jika website yang Anda bangun adalah website toko online atau website perusahaan dimana salah satu cara untuk menarik minat audience dari tampilan dan gambar, namun gambar yang Anda tampilkan kurang berkualitas. Pastinya membuat minat audience berkurang.

Jika Anda menggunakan jasa website untuk membangun website, maka hanya tinggal memberikan gambar yang berkualitas yang Anda miliki untuk kemudian jasa website tersebutlah yang akan mendesainnya. Atau Anda bisa berkoordinasi kepada penyedia jasa untuk urusan gambar yang tepat dan cocok.

Terlalu banyak Menuliskan Informasi

Pernahkah Anda melihat sebuah website toko online atau website perusahaan yang memuat banyak informasi di halaman websitenya? Sebagai pembaca apakah Anda bingung dengan informasi yang diberikan?

Memberikan banyak informasi di website Anda adalah hal yang kurang tepat. Sebab audience hanya akan membaca sekilas, tidak semua informasi akan ditelan langsung oleh audience. Hal ini juga akan membuat informasi yang penting jadi terlewat karena sudah tidak tertarik dulu dengan narasi informasi Anda.

Cek website Anda, apakah memberikan informasi yang terlalu banyak audience di website? jika hal ini masih terjadi, maka sebaiknya diperbaiki dengan mengurangi informasi yang terpasang di website. akan lebih baik jika menampilkan informasi penting saja dan dikemas dengan konten yang menarik dan mudah dipahami sehingga memudahkan audience mencerna informasi tersebut.

Gunakan konten yang menarik sehingga ketika membaca bagian tersebut, mereka bisa berhenti dan membaca informasinya dengan lengkap. hindari untuk memasang informasi yang tidak dibutuhkan audience, terlalu panjang atau juga narasi yang membosankan.

CTA yang Kurang Tepat

Tombol CTA atau tombol Calling To Action adalah salah satu penentu untuk audience agar mengambil tindakan di website Anda. Namun bagaimana jika CTA yang Anda pasang di website kurang tepat bahkan tidak ada? Pastinya hal ini yang akan menghalangi audience untuk melakukan tindakan.

Ada beberapa kesalahan dalam penggunaan CTA, misalnya:

  1. Tombol CTA yang kurang jelas (terlalu kecil, sulit dijangkau, tidak terlihat dan lain sebagainya)
  2. Tombol CTA yang mengarah ke halaman yang salah
  3. Tombol CTA dengan narasi yang kurang menarik.

Tombol CTA ini yang akan membantu bisnis online Anda banyak dibeli, namun bagaimana jika tombolnya saja sudah salah atau tidak menarik.

Baca Juga Artikel Tentang Rekomendasi Situs untuk Temukan Inspirasi Desain

Dalam penempatan tombol CTA akan lebih baik jika membuatnya sejelas mungkin, dengan warna dan bentuk yang mudah dilihat dan diketahui. Tombol CTA juga harus mengarah ke halaman yang Anda inginkan, misalnya halaman informasi produk, halaman cek out, halaman pembayaran dan lain sebagainya. Jika arah halaman sudah tidak tepat, hal ini akan mengurangi peluang audience melakukan tindakan.

Dan yang terakhir adalah tombol CTA perlu menggunakan narasi yang menarik dan jelas, misalnya Anda menuliskan iklan diskon pada produk sepatu Anda. Maka akan lebih baik dan jelas jika CTA nya dibuat dengan

“Mau Promo Sepatu”

“Masukan Keranjang”

“Lakukan Pembelian”

Dan lain sebagainya. Ajakan yang jelas dan menarik akan membuat orang melakukan apa yang Anda inginkan di website tanpa basa-basi. Jadi pastikan tombol CTA dalam keadaan bagus, mengarah pada halaman yang benar dan mudah ditemukan oleh audience.

website toko online
Jasa Website Toko Online Murah

Informasi Kontak yang Tidak Profesional

Ini adalah kesalahan yang banyak dilakukan oleh pemula dalam mendesign website, dimana mereka banyak yang mengisi informasi kontak dengan informasi yang kurang lengkap, kurang profesional bahkan informasi yang salah. Hmmm… padahal kita tahu bahwa informasi kontak ini perlu karena audience akan menghubungi Anda dari kontak ini.

Dalam informasi kontak pastikan Anda mencantumkan

  1. Nomor handphone yang bisa dihubungi dalam mode telepon, SMS maupun Whatsapp
  2. Alamat email profesional
  3. Alamat kantor/toko ofline

Jika Anda belum memiliki alamat email, maka perlu untuk membuat email profesional. Misalnya dengan brand toko Anda (supportcustomer@namabrand.com ) jangan sampai membuat alamat email yang kurang profesional (haloagusjogja@gmail.com ) dan lain sebagainya. Alamat email yang profesional akan mengangkat citra website Anda. Jadi pastikan memberi informasi yang lengkap, benar dan jelas.

Kesimpulan

 Untuk membuat website yang bagus memang sangat perlu memperhatikan desain website tersebut. Ada banyak komponen website yang akan memengaruhi tampilan website, mulai dari gambar, tombol, warna dan lain sebagainya. Ketika mengalami kesalahan dalam mendesain website memang cukup normal, namun kesalahan ini juga perlu untuk diperbaiki untuk hasil yang lebih baik.

Jika Anda menggunakan jasa pembuatan website, pastikanlah menggunakan jasa website profesional yang jelas memberikan tampilan dan hasil website yang bagus untuk Anda. jasa pembuatan website profesional dengan harga terjangkau dan hasil maksimal. Salah satunya dari Web101, jasa website mulai dari harga 350ribu sudah termasuk layanan hosting, domain dan desain websitenya. Layanan yang tepat untuk UMKM maupun perusahaan.

Sekar Kinanti
Penulis: Sekar Kinanti

Write everything but now focus on hosting , website and digital marketing. Full time learning and interest to new knowledge.

bikin wesbite murah

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa website murah

Pin It on Pinterest

Share This