Jasa Web

Thursday, 19 August 2021

Jasa Web

Jasa Web – Taukah Anda, pembuatan website bisa dilakukan dengan mudah bahkan tanpa perlu memahami bahasa pemrograman maupun koding. Hal ini memberikan kemudahan untuk banyak orang dalam membuat dan mengelola website. Jenis website seperti ini, biasa dikenal dengan website CMS.

Jika dalam pembuatan website secara manual, kamu membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk pembuatannya sedangkan jika menggunakan website CMS proses pembuatan bisa dilakukan dengan cepat dan dikelola dengan mudah.

Saat ini website CMS lebih banyak dipilih untuk mengelola website daripada website manual, bahkan perusahaan besar internasional sekelas Time juga menggunakan website CMS ini. Bagaimana dengan kamu? Apakah tertarik menggunakan website CMS untuk mengelola website?

CMS

CMS merupakan kepanjangan dari Content Management System yang merupakan system atau software untuk membangun website. Dari software ini, pengguna bisa mengelola konten dengan mudah seperti upload, editing, sampai dengan customize yang lainya.

Baca Artikel : Portofolio Website, Perlukah?

Apasih yang membuat website CMS menjadi lebih mudah daripada pembuatan website manual? Menggunakan website CMS ini cukup mudah karena tidak memerlukan koding untuk membangun dan mengcustom website namun pembuatan website bisa dilakukan menggunakan template yang sudah disediakan dalam CMS tersebut.

Jika semula pembuatan dilakukan secara manual, ini sudah ada tampilan yang sudah jadi atau instan. Bahkan beberapa website CMS juga memberikan kelengkapan selain tema, yaitu beragam plugin.

Jenis-Jenis CMS yang Banyak Digunakan

Content management system hadir dengan banyak jenisnya. Walau berdiri dengan merk yang berbeda namun secara garis besar fungsinya sama untuk membangun website dan mengelola konten. Untuk kelebihan dan kekurangan memang, masing-masing CMS memiliki karakternya masing-masing yang membedakan. Beberapa jenis website CMS yang banyak digunakan untuk pengelola website adalah

1. WordPress

WordPress adalah salah satu jenis CMS yang cukup popular di dunia termasuk Indonesia. WordPress ini merupakan CMS yang membantu banyak pengelola website sehingga membuat website yang professional namun mudah dikendalikan.

CMS ini membekali penggunannya dengan ribuat plugin dan tema agar bisa digunakan secara maksimal. Bahkan plugin-plugin yang disediakan oleh CMS ini, cukup berguna untuk penggunanya. Misalnya plugin WooCoomerce yang berguna untuk membangun situs toko online, atau plugin keamanan seperti iTheme security yang membantu menjaga keamanan website sampai dengan plugin Yoast SEO untuk memaksimalkan penerapan SEO dalam website.

WordPress sudah membekali penggunanya dengan berbagai fasilitas dan kemudahan, tidak heran banyak pengelola website memilih CMS jenis ini.

2. Drupal

Drupal juga merupakan jenis website CMS yang cukup popular daripada CMS yang lainya. Walau jumlah penggunanya tidak lebih dari WordPress, namun Drupal juga banyak dipilih. Beberapa kelebihan dari Drupal ini adalah system keamanannya yang cukup bisa diandalkan.

Walau banyak dikatakan memiliki penggunaan yang lebih sulit daripada WordPress, namun untuk orang yang paham CMS ini, ia bisa memberikan penggunaan yang cukup luas. Pengetahuan teknis dan bahasa pemrograman  terkadang diperlukan dalam pengelolaan Drupal ini.

Apakah Benar Membuat Website Sangat Ribet dan Memerlukan Waktu yang Panjang? Yuk Ketahui Persiapan dan Tahapan dalam Pembuatan Website Custom Terutama Website Untuk Bisnis?

www.web101.co.id

3. Prestashop

Nama ini mungkin terdengar asing, memang jika dibandingkan dengan CMS lainya, pretashop ini memang CMS yang masih cukup kecil. Namun jangan salah, CMS ini sudah banyak digunakan untuk membangun website utamnya website toko online.

Prestashop adalah CMS yang kehadiranya belum cukup lama, yaitu pada tahun 2007 namun sudah digunakan lebih dari 50ribu pengguna dan sebagian besar pengguna tersebut menggunakan Prestashop untuk website toko online.

Kelebihan dari Prestashop ini banyak dipilih untuk membuat website toko online dan bisa diaskes secara gratis.

Itulah beberapa contoh CMS yang cukup mendunia untuk memenuhi pengelolaan website. kamu bisa memilih menggunakan CMS yang mana untuk mengelola situs website. Yang pasti memilih jenis CMS ini harus disesuaikan dengan kemampuan dalam mengelola website, jika ingin membuat website yang mudah dan banyak literature bisa menggunakan WordPress, atau jika ingin membuat website khusus toko online bisa menggunakan Prestashop.

Jenis Website Apa yang Bisa Dibangun dari CMS?

Ada beberapa jenis website yang bisa dibangun menggunakan cms. Beberapa diantaranya adalah untuk membangun website toko online, website company profil, website portofolio, blog pribadi maupun forum.

Website jenis mana yang ingin kamu buat menggunakan CMS?

Kelebihan Menggunakan Website CMS  

Banyaknya penggunaan website CMS ini karena CMS dinilai memberikan banyak kelebihan untuk pengelola website jika dibandingkan dengan pembuatan website manual. Apa saja sih kelebihan website CMS? Berikut penjelasanya.

1. Mudah Digunakan

Seperti penjelasan yang ditulis di atas, website cms memiliki  kelebihan utama berupa kemudahan pengelolaan website. Tanpa harus memahami koding dan bahasa pemrograman seseorang bisa membangun website dengan mudah dan waktu yang cepat. Pun hasilnya juga tidak kalah menarik. Walau website mudah dibuat dan digunakan, website tetap responsive.

2. Biaya Pembuatan yang Hemat

Jika dibandingkan dengan pembuatan website manual yang memerlukan jasa web designer atau developer untuk membangun design website, CMS tentunya memiliki nilai yang lebih terjangkau. Kamu tidak perlu menggunakan jasa web developer karena sudah ada template tema yang disediakan.

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat website hanya perlu digunakan untuk membeli plugin berbayar jika dibutuhkan, maupun tema  berbayar. Tanpa perlu biaya apapun, website professional bisa kamu dapatkan.

3. Pengembangan dan Customize dengan Mudah

Kelebihan selanjutnya dari website cms adalah ia bisa dikembangkan dan di custom dengan mudah. Misalnya jika ingin melakukan pembaruan tema maupun tampilan dan halaman maka prosesnya tidak sulit. Berbeda dengan website yang dibangun dengan koding yang rumit, proses pengembangan dan custom juga dilakukan membutuhkan waktu lebih lama dan kemampuan.

Baca Artikel : Tips yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Website Bisnis

4. Sangat Support untuk SEO Website

Kelebihan yang menarik dari penggunaan website cms adalah ia yang mudah digunakan untuk penerapan SEO website. SEO bisa lebih optimal dengan penggunaan plugin-plugin SEO yang mengoptimasi, plugin untuk memaksimalkan performa website, sampai dengan tema-tema yang cukup responsif untuk perangkat mobile dan lain sebagainya.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari CMS. Kelebihan kelebihan ini membuat website CMS lebih banyak dipilih daripada pembuatan website manual lainya. Kelebihan CMS ini sudah cukup memenuhi kebutuhan pengelola website. Dengan kelebihan CMS ini, tidak heran banyak jasa web dan pengelola website menggunakan CMS ini.

Website CMS Mudah dan Professional dengan WEB101

Ingin membuat website CMS untuk bisnis tapi bingung mulai dari mana? Nah  Anda bisa dapatkan website dengan mudah dan professional menggunakan jasa pembuatan website. Salah satu jasa web professional terbaik yang menggunakan CMS untuk pembuatan websitenya adalah WEB101. tempat bikin web yang ramah dan affordable untuk semua kalangan, baik untuk pelaku bisnis UMKM, maupun besar sampai dengan masyarakat umum.

WEB101 Jasa pembuatan website termurah dan professional menggunakan WordPress untuk pengelolaan websitenya, mulai dari RP. 350.000 sudah dapat website bisnis yang menarik. Pilih design Anda dan buat segera di WEB101.

Nurul
Penulis: Nurul

Lakukan yang terbaik dan Ayo Mulai dari mana kamu berada. Penulis Konten Web101. Memiliki pengalaman menulis konten bisnis dan teknologi.

bikin wesbite murah

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa website murah

Artikel Terbaru

Pin It on Pinterest

Share This