5 Tools Cek Plagiarisme Online Free untuk Pengecekan Konten

Wednesday, 5 May 2021

Cek Plagiarisme

5 Tools Cek Plagiarisme Online Free untuk Pengecekan Konten. Konten adalah satu hal yang tidak bisa dipisahkan jika ingin membuat website Anda berkembang. Keberadaan konten untuk webite SEO adalah keharusan, selain itu konten juga menjadi senjata bagi website untuk menarik seseorang agar mengunjungi websitenya.

Sekarang ini Google semakin ketat dalam menyeleksi artikel atau konten yang akan ditampilkan dalam hasil penelusuran. Hal ini terjadi karena Google juga ingin memberikan pengalaman pengguna yang baik sehingga mereka bisa menemukan informasi penting dan relevan menggunakan mesin pencari Google, sehingga kualitas konten menjadi satu tolak ukur artikel yang bisa ditampilkan.

Salah satu cara menjaga kualitas konten adalah dari originalitas konten. Pastikan konten tidak memiliki kesamaan persis dengan konten lainya. Kamu bisa memanfaatkan situs cek plagiarisme online free yang banyak beredar di internet untuk melihat keoriginalan konten yang kamu buat. Apa saja saja situs tersebut? Web101 akan memberikan rekomendasi untuk Anda.

Kenapa Menjaga Originalitas Konten itu Penting?

Sebelum membicarakan mengenai situs-situs cek plagiarisme online, akan lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu kenapa originalitas konten itu penting.

Menjaga originalitas konten adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas konten dan website yang kita kelola. Plagiarisme adalah hal yang tabu dan juga dilarang dalam karya tulis bentuk apapun, termasuk dalam artikel website. Yang pastinya hal ini menyangkut harga diri penulisnya.

Selain itu dari Google sendiri, sebagai mesin pencari juga sangat aware dengan masalah plagiarisme ini. Oleh karena itu pengawasan untuk artikel semakin diperketat, sekarang ini yang diutamakan adalah kualitas sebuah konten, jadi untuk konten-konten yang kurang relevan atau bahkan melakukan pelanggaran bisa tersingkirkan.

Google juga memberikan hukuman untuk website yang ketahuan melakukan pelanggaran, misalnya untuk kasus penjiplakan maka Google akan memberikan sanksi berupa pengahpusan artikel tersebut dari peng-indexan sehingga halaman artikel yang tidak terindex tidak bisa ditemukan.

Oleh karena itu untuk selalu menjaga kualitas konten dan website, pengecekan plagiasi harus selalu dilakukan sehingga hal-hal tidak diinginkan bisa dihindari.

Rekomendasi Situs Cek Plagiarisme Online

Berikut adalah rekomendasi situs cek plagiarisme online dari Web101 untuk Anda.

Small SEO Tools

Small SEO Tools adalah rekomendasi petama yang bisa Anda coba untuk mengecek plagiarisme saat membuat website.

Image 1 Tools Cek Plagiarisme Online Free

Sebenarnya ada banyak sekali fitur yang diberikan Small SEO Tools yang bisa membantu Anda dalam penulisan konten selain untuk cek plagiasi. Misalnya untuk penghitung kata, pengecekan ejaan dan lain sebagainya namun fitur yang paling banyak digunakan adalah cek plagiasi konten.

Pengecekan sangat mudah dilakukan, pilih plagiarism checker agar bisa langsung terhubung    dalam layanan cek plagiasi. Untuk selanjutnya pengecekan hanya dilakukan dengan meng-copy paste kontenmu saja.

Tools ini bisa diakses secara gratis, namun Anda juga harus tau jika jumlah kata yang bisa dicek cukup terbatas, yaitu maksimal 1000 kata. Situs ini cukup akurat untuk melihat kemiripan tulisan yang Anda buat dengan situs yang lain.

Jadi jika ada kalimat yang sama persis akan langsung terlacak bahwa kalimat tersebut sama dengan website tertentu. Jika ada kesamaan dengan yang lainya, maka Small SEO Tools akan memberikan tanda warna merah dan menunjukkan dengan situs yang sama tersebut.

Pengecekan menggunakan Small SEO Tools tidak memakan banyak waktu, dan result pengecekannya bisa dilihat dalam bentu presentase. Berikut adalah gambaran bagaimana Small SEO Checker bekerja.

Image 2 Tools Cek Plagiarisme Online Free Small SEO Tools

Tidak hanya teks yang di paste dari Word saja yang bisa Anda gunakan untuk menge-cek karena Anda juga bisa melakukan cek plagiarisme langsung dari url halaman artikel, sehingga cukup   paste url tersebut pada kolom yang sudah disediakan, dan lakukan pengecekan. Hasilnya juga tetap akan akurat.

Situs cek plagiarisme online ini cukup mudah dan lengkap lho, bisa banget digunakan untuk membantu penerbitan konten website.

Duplichecker

Rekomendasi situs untuk pengecekan plagiasi konten selanjutnya adalah Duplichecker. Situs ini sudah cukup populer untuk membantu pengecekan konten.

Image 3 Tools Cek Plagiarisme Online Free

Tentunya situs ini bisa dimanfaatkan secara gratis, namun untuk penggunaan jumlah kata maksimal 1000. Namun jangan khawatir, karena pengecekan ini juga menyediakan versi Pro dimana Anda bisa melakukan pengecekan dengan kata di atas 1000 dengan membayar harga tertentu.

Hampir mirip dengan Small SEO Tools, pengecekan menggunakan Duplichecker ini juga terbilang cukup mudah dan lengkap. Bisa langsung paste dari Word maupun paste url halaman artikel saja. Hanya saja pengecekan menggunakan Duplichecker ini sedikit lama dari situs duplikat lainya,  namun hasil yang diberikan juga tetap akurat. Berikut adalah contoh pengecekan konten menggunakan Duplichecker.

Image 4 Tools Cek Plagiarisme Online Free Duplichecker

Pengecekan konten menggunakan situs ini terbilang cukup sederhana dan mudah digunakan. Jika ada kalimat yang mirip dengan tulisan lain juga akan diberi tanda warna merah, dan muncul nama-nama website design atau alamat halaman artikel, jadi bisa dicek.

Copyscape

 Situs selanjutnya untuk melakukan pengecekan konten adalah Copyscape. Situs ini sedikit berbeda dengan situs-situs cek plagiasi sebelumnya karena Copyscapeini hanya digunakan untuk mengecek artikel online.

 Berbeda dari situs-situs sebelumnya yang menggunakan cek plagiasi dengan paste teks, menggunakan Copyscape Anda bisa mengecek pencurian konten yang dilakukan orang lain atas artikel yang Anda buat.

Jadi bukan hanya digunakan untuk cek orisinalitas namun juga untuk mengetahui siapa yang    mencuri konten website Anda.

Gimana Menghindari Konten dari Plagiasi

Selain melakukan pengecekan dari konten sebelum diterbitkan di website, menghindari plagiasi konten bisa dilakukan dengan beberapa hal. Apa saja ? berikut ulasanya

Melakukan Parafrase

Parafrase adalah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menghindari diri dari aksi plagiasi. Parafrase adalah teknik penulisan yang banyak dilakukan, dimana penulis akan menuliskan hal yang sama dengan sumber lain namun menggunakan kalimat atau kata yang sama sekali berbeda.

Sehingga penulis menuliskan apa yang ia pahami dan ia tuangkan dengan kalimatnya sendiri. Cara ini bisa Anda gunakan untuk menulis konten yang lebih aman.

Sitasi

Sitasi adalah penulisan yang mencantumkan sumber untuk mendukung teori atau data yang sedang dibahas. Misalnya pengertian teori menurut A atau hasil survey menurut A.

Baca Artikel : 5+ Alasan Mengapa Konten Harus ada dalam Website

Sitasi sangat penting untuk diterapkan dalam penulisan artikel, selain sebagai pendukung yang kuat juga menghindari pembuatan konten dari teknik plagiasi. Walaupun artikel bukan karya tulis yang formal namun harus tetap menyelipkan sitasi ya ketika Anda menggunakan teori dari seseorang.

Interpretasi

Jika parafrase dilakukan dengan mengubah kata yang digunakan, dan sitasi dengan menyelipkan sumber, maka interpretasi adalah melakukan perbandingan.

Perbandingan ini  dilakukan untuk mendukung gagasan yang Anda keluarkan di konten, jadi untuk memperkuat isi, intepretasi ini bisa digunakan untuk penulisan konten.

Kesimpulan

Ada banyak sekali situs cek plagiarisme online free yang bisa Anda manfaatkan untuk mengecek orisinalitas konten.

Kualitas konten juga dipengaruhi oleh orisinalitasnya, jadi sebisa mungkin jaga kualitas dengan menggunakan konten yang asli. Selain kualitas konten, kualitas website tentu perlu di perhatikan. Tidak mau bukan jika konten yang bagus tidak didukung dengan web design yang berkualitas. Untuk mendapatkan web design yang berkualitas Anda bisa mengujungi www.web101.co.id yang akan membantu Anda memiliki web design berkualitas.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan diri dari aksi plagiarisme di atas bisa dijadikan pengetahuan untuk bekal menulis konten yang baik.

Sekian artikel kali ini, semoga berguna! Yuk Baca : Tutorial Order Website di Web 101

Nurul
Penulis: Nurul

Lakukan yang terbaik dan Ayo Mulai dari mana kamu berada. Penulis Konten Web101. Memiliki pengalaman menulis konten bisnis dan teknologi.

bikin wesbite murah

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa website murah

Artikel Terbaru

Pin It on Pinterest

Share This