10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website

Friday, 8 January 2021

10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website Menilik kembali pada teknologi yang semakin canggih, kini persoalan berjualan pun  tidak lagi harus melalui tatap muka ataupun membuka toko dengan menyewa ruko atau bangunan lainnya.

Sebab kini berjualan pun bisa melalui internet alias membuka toko online atau yang biasa dikenal dengan Online Shop. Pemanfaatan internet untuk berjualan pun semakin marak terjadi. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya toko online yang menjamur. Mulai dari barang kecil maupun yang paling besar.

Pemanfaatan internetnya pun beragam medianya. Banyak sekali yang berjualan melalui media sosial, tapi juga tidak sedikit pelaku usaha yang memanfaatkan kecanggihan E-Commerce seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, BukaLapak, dll.

Namun ternyata melalui media sosial saja tidaklah cukup. Untuk menjangkau pangsa pasar yang jauh lebih luas lagi dan toko online terkesan lebih profesional, banyak juga pelaku usaha mulai dari perusahaan besar hingga UMKM yang menciptakan website untuk menjalankan bisnisnya.

Mereka juga menjadikan website sebagai tombak utama untuk meningkatkan penghasilan dari bisnisnya. Melalui website, pelanggan maupun calon pelanggan dapat lebih mudah mengakses keunggulan dari toko tersebut serta memilih barang yang diinginkan.  Itulah mengapa website sudah mencapai lebih dari 900 juta.

Selain itu, website juga mampu menjangkau informasi hingga rangkuman berita terkini dalam hitungan detik saja.

Dari penjelasan tersebut, apakah anda juga harus memiliki website untuk menjalankan bisnis? Mengapa website menjadi hal penting untuk bisnis anda?

  1. Lawan Bisnis Anda Sudah Memiliki Website

Setiap bidang usaha pasti masing-masing memiliki kompetitor. Maka anda salah besar jika masih beranggapan, anda tidak memiliki pesaing bisnis. Menurut studi Badan Pusat Statistik pada tahun 2016, banyak sekali pelaku bisnis memanfaatkan digital untuk bisnisnya. Hal ini juga dapat dilihat dari aktivitas mereka di dalam E-commerce yang mampu bertumbuh pesat. Sebagaimana  sensus ekonomi 2016 dari BPS menunjukkan data bahwa E-Commerce meningkatkan usaha hingga 17 persen atau sekitar 26 jutaan unit. 

Dilansir dari halaman krjogja.com, data menunjukkan bahwa sekitar 81,2 persen pelaku bisnis memiliki website untuk media pemasaran dan pengembangan bisnisnya.oleh karena itu, apakah anda masih ragu untuk memiliki website? Padahal website sangatlah penting guna tidak membuat anda tertinggal dari pelaku bisnis yang lain.

  1. Untuk Mengurangi Biaya Pengeluaran

Apabila anda belum memiliki website, seringkali bisa membuat biaya pengeluaran membengkak. Mulai dari gaji karyawan, pemasangan iklan, produksi, hingga media pemasaran. Hal tersebut belum termasuk biaya pajak promosi yang telah diatur dalam Undang-Undang PPh Pasal 6 dan 9 yang nominalnya hingga jutaan rupiah. Namun apabila anda memiliki website, anda mampu menghemat biaya pengeluaran hingga 50 persen.

  1. Promosi Lebih Mudah

Apabila anda masih memasang iklan melalui media konvensional, biasanya memiliki waktu yang terbatas. Ada yang hanya 3 hari, 7 hari, 2 minggu, dan sebagainya. Hal tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harga yang ditawarkan juga beragam. Apalagi jika anda juga membuat brosur atau pamflet untuk promosi, biaya operasional yang dikeluarkan pun bisa lebih besar.

BACA ARTIKEL : Aplikasi Praktis Untuk Membuat Website Yang Wajib Anda Ketahui 

  1. Pangsa Pasar lebih Luas

Dilansir dari situs halaman jawapos.com, di sepanjang tahun 2015-2016 saja pengakses E-commerce sudah mencapai 80% persen. Seiring dengan perkembangan teknologi, hal ini tidak menutup kemungkinan pengakses e-commerce bisa semakin meningkat. Ini artinya bahwa semakin banyak masyarakat yang menggunakan internet untuk mencari suatu produk yang diinginkan atau dibutuhkan.

Apalagi kini internet mudah diakses oleh siapapun melalui berbagai device mulai dari komputer PC hingga smartphone. Dikarenakan website terhubung dengan internet, maka hal ini menjadi peluang yang besar untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas untuk meningkatkan penghasilan dari penjualan.

  1. Meningkatkan Kredibilitas

Mengingat semakin banyak masyarakat yang menggunakan internet untuk mencari dan mendapatkan sesuatu hal, maka website efektif dijadikan sebagai media branding awarness utama bagi sebuah bisnis. Pertama, konsumen akan menghadirkan kesan terhadap tampilan website dan menjadikan website sebagai penentu kredibilitas bisnis Anda. Namun, website juga  wajib mempunyai antarmuka yang simetris, konten yang menarik, serta font dan warna yang cantik. Hal tersebut tentu saja akan berdampak baik pada presentasi penjualan produk.

  1. Media yang Tepat untuk Promosi

Untuk menentukan pembelian, konsumen biasanya melihat kualitas produk dari kemasannya. Sisanya adalah melihat dari brand yang memiliki kredibilitas yang baik. Banyak juga masyarakat yang memilih produk dari perusahaan ternama. Namun terkadang konsumen juga mempertimbangkan harga di samping merek. Apabila bisnis sudah memiliki brand yang dikenal masyarakat, untuk meningkatkan volume penjualan lebih mudah.

Namun bagaimana bagi bisnis yang baru didirikan? Tentu saja memerlukan waktu yang tidak sedikit apabila hanya mengandalkan branding dan promosi secara offline. Di sinilah website menjadi peran penting paling efektif. Anda juga dapat mempromosikan produk hingga brand anda sendiri kapan saja di berbagai lokasi.

  1. Efisiensi Waktu

Seperti yang telah disebutkan di atas, karena bisa promosi kapan saja dan dimana saja, maka ini dinamakan efisiensi waktu. Apalagi bagi anda yang menganggap waktu adalah uang. Sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa waktu adalah pedang.

Begitupun dengan menjalankan bisnis, apabila hanya melakukan secara offline ataupun hanya media-media tertentu, anda memerlukan lebih banyak waktu untuk promosi, bertatap muka dengan konsumen, menelepon, dan berapa lama perjalanan untuk setiap pertemuan.

Namun semua dapat diatasi dengan mudah apabila anda menggunakan website. Sebab website dapat berfungsi sebagai media komunikasi, informasi, dan interaksi. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti mengupload produk baru beserta informasinya hingga berinteraksi dengan pelanggan.

  1. Lebih Cepat Mendapatkan Konsumen

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa promosi bisa dilakukan kapan saja dengan website. Begitupun dengan konsumen, mereka dapat mengakses toko anda selama 24 jam. Jadi, Anda berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Apalagi jika anda memasang aplikasi chat di web E-commerce. Tidak menutup kemungkinan, pelanggan meningkat 2-3 kali lipat.

Menurut studi eDigital Customer Service Benchmar, chat melalui website sangat efektif untuk peningkatan loyalitas pembeli. Sekitar 73% responden, mengaku lebih puas melalui layanan tersebut. Jumlah tersebut dapat bertambah apabila website menyantumkan e-mail dan kontak perusahaan.

  1. Bisa Diakses dari Berbagai Tempat

Kehilangan pelanggan karena menutup toko kerap dialami oleh pebisnis offline. Sebab mereka hanya mengandalkan pertemuan secara tatap muka. Hal ini tentu saja menjadikan akses ke tempat pembelian sangat terbatas. Calon pembeli pun menunggu hingga toko tersebut buka kembali.

Namun jika anda memiliki website bisnis, anda tidak akan mengalami peristiwa tersebut. Sebab website bisa diakses dimana saja yang tentu saja memerlukan koneksi internet yang tetap lancar. Maka interaksi dan transaksi dengan konsumen dapat dilakukan.

  1. Media untuk Mengedukasi Produk kepada Pelanggan

Ternyata para pelaku bisnis juga wajib melakukan edukasi usaha kepada konsumen atau calon pelanggan. Hal ini berguna untuk membidik pasar dan meningkatkan konversi penjualan. Pebisnis juga terlebih dahulu wajib mempelajari cara mencari, memakai, serta mengulas informasi seputar konsumen.

Website menjadi media yang efektif untuk mengedukasi pelanggan. Tidak melulu soal produk, pelaku usaha juga bisa melakukan teknik softselling yang berbentuk artikel. Sehingga bisa memberikan informasi yang lebih luas, misalnya bisa saja mengulas tentang manfaat, keunggulan, serta cara pemakaian produk. Nah, bagi anda yang belum memiliki website dn berminat untuk menjalankan bisnis dengan website, anda bisa mengunjungi www.web101.co.id untuk mengoptimalkan kemajuan bisnis anda dan meningkatkan penjualannya.

Nurul
Penulis: Nurul

Lakukan yang terbaik dan Ayo Mulai dari mana kamu berada. Penulis Konten Web101. Memiliki pengalaman menulis konten bisnis dan teknologi.

bikin wesbite murah

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Jitu Agar Websitemu Banyak Dikunjungi! - Web101 - […] BACA ARTIKEL : 10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website […]
  2. Langkah Mudah Untuk Membuat Website Bisnis Sendiri | Web101 - […] Cara-cara tersebut memang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun untuk menjabarkan semuanya, mari ketahui terlebih dahulu aspek-aspek penting yang dibutuhkan…
  3. 4 Alasan Kenapa Harus Memiliki Website | Web101 - […] Baca Artikel : 10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website […]
  4. Portofolio Website, Perlukah? | Web101 - […] Baca : 10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website  […]
  5. Inspirasi Bisnis yang Bisa Di Onlinekan, Yuk Berbisnis! | Web101 - […] Baca : 10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website  […]
  6. Website Toko Online Murah - […] Baca Artikel : 10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa website murah

Artikel Terbaru

Pin It on Pinterest

Share This