Langkah Mudah Untuk Membuat Website Bisnis Sendiri

Thursday, 28 January 2021

Langkah Mudah Untuk Membuat Website Bisnis Sendiri Sebagaimana yang telah kita ketahui, website menjadi hal yang paling penting untuk dimiliki oleh seorang pebisnis. Website menjadi salah satu penunjang untuk meningkatkan penjualan. Sebagaimana website bisa menjadi rumah bagi konsumen untuk melihat-lihat apa yang ditawarkan, produk atau jasa? Ya, semua bisa dipasarkan dan diperluas jangkauannya melalui website yang bisnis tersebut miliki.

Namun bagi anda yang masih awam, pasti yang menjadi topik utama yang paling dicari adalah bagaimana cara membuat website. Sehingga seringkali membingungkan anda yang baru belajar tentang website. Anda juga pasti memikirkan bagaimana menjalankan fungsi website sebagai fondasi untuk bisnis, portofolio, aplikasi, dan berbagai proyek online lainnya.

Oleh karena itu, anda atau siapapun sangat perlu untuk menyusun rencana yang matang dan juga mempelajari beragam opsi pembuatan website yang ada. 

Sementara itu hal-hal awal yang diperlukan untuk membuat website antara lain :

  • Content Management System (CMS)
  • Script e-commerce
  • Website builder

Cara-cara tersebut memang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun untuk menjabarkan semuanya, mari ketahui terlebih dahulu aspek-aspek penting yang dibutuhkan dalam pembuatan website untuk memudahkan anda mengambil keputusan. Baca juga : 10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website

Bukanlah sebuah masalah apabila anda tidak menguasai coding ataupun tidak ingin repot membuat website. Yang anda perlukan hanyalah tool website builder yang membantu anda lebih mudah membuat website sendiri semudah membuat akun media sosial. 

Menentukan Ide Website

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan ide dan topik sebelum membuat website. Anda dapat menemukan puluhan hingga ratusan ide dengan browsing di internet. Apabila eksekusi tepat, ide dan topik anda dalam website bisa menghasilkan banyak uang.  

membuat website bisnis

Anda bisa mulai dengan menentukan tujuan dan kegunaan website. Apakah anda ingin berjualan produk atau jasa secara online? Anda bisa membangun website E-Commerce. Anda ingin bercerita atau mengulas soal hobi dan aktivitas seperti traveling, makanan, musik, dan buku? Anda bisa membangun website blog. Anda ingin membagikan seputar informasi terkini? Anda bisa membangun website portal berita, dan lain sebaagainya. Semuanya dapat anda gunakan untuk meraup pundi-pundi rupiah. Selain dengan menawarkan sebuah produk atau jasa, anda juga dapat menawarkan lapak iklan bagi para pengiklan dari bisnis lainnya.

Register Nama Domain

Anda juga perlu memiliki nama domain. Namun sebelumnya, anda perlu memikirkan nama yang unik dan menarik untuk website anda tersebut.  Bingung untuk menentukan nama domain? Berikut lima cara untuk menentukan nama domain : 

  • Lakukan riset mengenai nama domain yang sering digunakan
  • Lakukan percobaan nama-nama domain untuk website yang berpotensi
  • Masukkan nama domain tersebut di tool pencari
  • Pilihlah nama domain yang terbaik
  • Selesaikan order
  • Daftarkan domain yang telah dibeli

Namun untuk mencari nama domain yang tepat untuk website seringkali bukan hal yang mudah. Berikut beberapa tips yang bisa membantu anda dalam menentukan nama domain yang tepat untuk website : 

  • Gunakan domain yang paling banyak digunakan seperti ekstensi.com atau domain .com. Hal ini supaya website anda lebih mudah diingat oleh klien dan pengunjung. 
  • Ciptakan alternatif nama domain. Sebab sangat memungkinkan klien dan pengunjung website akan salah mengetik nama website di kolom browser. Oleh karena itu, menciptakan alternatif nama domain merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Lalu daftarkan alternatif nama domain tersebut supaya pengunjung tetap diarahkan ke beranda utama website anda meskipun pengunjung salah ketik.  

Ciptakan nama domain yang sesingkat mungkin. Sebab semakin pendek dan unik, semakin mudah untuk diingat. Berbeda dengan nama domain yang terlalu panjang yang akan sulit untuk diingat.  Sebaiknya tidak menggunakan tanda penghubung dan angka. Gunakan apabila diperlukan saja sebab apabila anda menyisipkan tanda penghubung dan angka, berpotensi terjadinya salah pengetikan. 

Pilih Web Hosting

Langkah selanjutnya, anda juga perlu memilih hosting yang andal dan tepercaya. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan proyek online anda dan sesuaikan dengan budget yang telah anda siapkan. Ada setidaknya 3 pilihan web hosting yang sering digunakan :

1. Shared Hosting

Hosting jenis ini dapat diguanakan oleh website kecil hingga medium. Dengan Shared Hosting, anda harus berbagi resource di satu server fisik yang sama dengan website lainnya. Namun Shared Hosting menawarkan harga berlangganan yang terjangkau. Namun memiliki bandwidth dan storage yang kecil sehingga aksesnya pun terbatas. 

Shared Hosting ini dapat digunakan oleh semua jenis website atau proyek online. Namun seringkali error apabila trafik melonjak, sehingga bagi anda yang menginginkan trafik website yang tinggi, Shared Hosting bukanlah pilihan yang tepat.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang memadukan Shared Hosting dengan kecanggihan virtual server. Sehingga akan memberikan kemudahan bagi penggunanya. 

Colud hosting dilengkapi dengan teknologi cloud computing yang menawarkan uptime tertinggi uptime tertinggi dengan menyimpan salinan website anda dalam beberapa server fisik yang saling bekerja sama. Dengan layanan hosting yang satu ini, server lain dalam kelompok tersebut memastikan semuanya tetap berjalan sebagaimana mestinya meskipun ada satu server yang down. 

Cloud hosting sangat cocok digunakan oleh website bisnis besar yang menginginkan uptime tinggi serta arus trafik yang besar. Dengan menggunakan Cloud Hosting, pengunjung akan kerap datang kembali ke situs e-commerce, proyek berskala besar, dan situs berita online. Selain itu Cloud Hosting juga cocok digunakan oleh anda yang ingin membuat dan menjalankan website namun tidak menguasai pemrograman. 

Baca : Tips Mudah Belajar Web Desain

3. VPS Hosting

VPS adalah singkatan dari virtual private server. VPS Hosting menjadi pilihan setiap pengguna yang ingin kebebasan untuk mengontrol dan mengelola website. Namun untuk menjalankan hosting yang satu ini, anda harus memahami hal-hal teknis seperti manajemen server dan cara mengoperasikan terminal.  

VPS Hosting memiliki beberapa opsi dengan kustomisasi tingkat tinggi Mulai dari sistem operasi hingga software stack, karena dengan VPS Hosting, anda bisa mengelolanya dengan akses root. 

Apabila dengan Shared Hosting atau Cloud Hosting, server telah dikonfigurasi. Sehingga anda memiliki akses yang terbatas karena tidak adanya izin untuk mengubah beberapa hal seperti sekumpulan software. 

Namun dengan VPS, anda bebas mengakses root sepenuhnya untuk membuat dasar yang kuat. Anda juga bisa membuat dan mengatur semuanya sendiri dengan memilih virtual server.

Mulailah Membuat Website 

Dalam hal membuat website, tentu saja anda perlu merencanakannya dengan matang karena akan mempengaruhi website. Siapkan juga ide dan topik yang telah dirancang sebelumnya karena ikut menentukan bagaimana website anda nantinya.

Berikut tools yang bisa anda gunakan untuk membuat website :

membuat website bisnis
  • Content Management System (CMS), tool ini sangat bermanfaat untuk blog dan website yang berisi berbagai artikel atau konten. Contoh website yang menggunakan CMS adalah WordPress, Joomla, dan Drupal.
  • Script E–commerce, software ini cocok bagi anda yang hendak membuat toko online. Contoh website yang menggunakan Script e-commerce adalah PrestaShop, Magento, dan WooCommerce.
  • Website Builder, tool yang satu ini lebih cocok bagi anda yang masih pemula dalam hal pemrograman. Dengan menggunakan tool ini, anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman. Manfaatkan saja interface drag-and-drop yang telah dilengkapi beragam fitur. 
  • Self-Coded Website, namun jika anda menguasai pengembangan web, anda bisa menggunakan Self-Coded Website. Proses pembuatannya akan memakan usaha dan waktu yang banyak. Namun anda bisa menjalankan banyak fitur penting untuk mengembangkan website. 

Nah itu dia langkah-langkah mudah untuk membuat website sendiri. Namun jika anda tidak ingin repot-repot untuk memiliki website, anda bisa mengunjungi www.web101.co.id karena Web 101 akan membantu anda membangun serta mengembangkan website yang cocok untuk bisnis anda. Selain itu, Web 101 juga menawarkan banyak fitur yang berguna untuk menjadikan tampilan website anda tampak profesional. Dengan Web 101, anda tidak perlu khawatir lagi dengan pengembangan website.

Nurul
Penulis: Nurul

Lakukan yang terbaik dan Ayo Mulai dari mana kamu berada. Penulis Konten Web101. Memiliki pengalaman menulis konten bisnis dan teknologi.

bikin wesbite murah

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Girls, Manfaatkan Website Kamu untuk Hal ini | Web101 - […] Baca Artikel : Langkah Mudah Untuk Membuat Website Bisnis Sendiri  […]
  2. Tips yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Website Bisnis | Web101 - […] Baca Artikel : Langkah Mudah Untuk Membuat Website Bisnis Sendiri […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa website murah

Artikel Terbaru

Pin It on Pinterest

Share This