10 Hal Yang Perlu Ada Di Dalam Website Bisnis

Tuesday, 12 January 2021

10 Hal Yang Perlu Ada Di Dalam Website Bisnis Anda hanya seorang pebisnis kecil? Atau anda baru memiliki bisnis kecil? Anda tidak perlu merasa tidak percaya diri. Bisnis kecil ternyata mempunyai kelebihan dibanding perusahaan besar. Bisnis kecil mempunyai karakter yang tidak dimiliki oleh perusahaan korporasi.

Perusahaan yang kecil dapat bereksperimen lebih luas dan berekspresi bebas daripada perusahaan besar yang sudah maju. Caranya tentu saja dengan menonjolkan kreativitas dan kepribadian unik yang hanya ada pada dirinya sendiri. Dimanapun anda berada dan mendirikan bisnis kecil anda sendiri, ceritakan saja apa yang anda kerjakan.

Sebab penilaian konsumen juga bisa datang dari apa yang anda ceritakan. Dari sanalah konsumen akan menentukan pembelian produk atau jasa yang anda tawarkan.

Apabila anda sedang menjalankan sebuah bisnis online, apakah anda sudah memiliki website? Apakah konsumen dapat mencari informasi mengenai produk anda dengan mudah melalui website anda? Apakah konsumen dapat menghubungi pihak perusahaan dengan mudah? Apakah konsumen menemukan hal penting yang harus diketahui dengan mudah? Ternyata anda harus memperhatikan banyak hal ketika anda hendak membuka sebuah website toko online atau e-commerce.

1. Apa yang Membuat Bisnis Anda Unik?

Untuk yang satu ini, jawablah dengan jujur dan disertai penjelasan yang menarik. Cantumkan apa yang menjadi keunggulan, keahlian, dan aspek lain yang menjadikan bisnis anda berbeda dari yang lain. Jelaskan juga faktor istimewa yang membuat pengunjung terkesan dan alasan mengapa konsumen harus membeli produk yang ditawarkan. Namun sayangnya pertanyaan ini seringkali dilewatkan oleh banyak website bisnis karena pemilik ataupun web designer belum melakukan perencanaan strategis. Oleh karena itu, sebaiknya susun rencana strategis terlebih dahulu terutama untuk website anda

BACA : Cara Jitu Agar Websitemu Banyak Dikunjungi! 

2. Sampaikan Produk atau Jasa Apa yang Ditawarkan

Ternyata masih banyak website yang membingungkan pengunjung. Pengunjung tidak mengerti apa yang ditawarkan, produk apa yang dijual, jasa apa yang disediakan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jangan sampai hal tersebut terjadi dari website anda. Website yang bingung berpotensi terjadinya bouncing alias pengunjung beralih ke website lainnya. Mulailah untuk fokus untuk memberikan informasi penting mulai dari halaman utama. Berikan informasi umum yang terkait dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Sebaiknya pasangkan tautan pada setiap halaman penjelasan detail produk.

Hal ini banyak yang belum melakukan pada website mereka, karena banyak pertimbangan, contohnya konsumen dianggap akan enggan untuk menelepon untuk menanyakan informasi lebih lanjut apabila seluruh informasi sudah konsumen dapatkan di halaman utama. Namun sebaiknya anda perlu pertimbangkan kembali.

Dengan memberikan cukup informasi kepada konsumen yang potensial, efektif guna membangun keputusan konsumen untuk membelinya. Tidak semua konsumen langsung menelfon anda untukmemperoleh informasi. Bahkan seringkali konsumen beralih ke kompetitor.

3. Kontak Informasi

Ternyata banyak perusahaan yang kurang terbuka untuk memberitahu alamat mereka. Bagi mereka yang hanya menjalankan seluruh bisnis dan transaksinya secara online, merasa tidaklah penting untuk mempublikasi alamat. Apalagi bagi mereka yang masih menjalankan bisnisnya di rumah. Mereka takut akan dianggap kurang profesional.

Tapi ternyata hal ini merupakan satu langkah penting untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan konsumen. Jangan hanya nomor telpon, sertakan saja alamat lengkap hingga foto-foto pendukung. Sebab hal ini dinilai efektif meningkatkan kepercayaan konsumen. Berikan rasa nyaman kepada konsumen dengan menunjukkan alamat jelas meskipun tidak menerima kunjungan. Hal ini juga akan menunjukkan kepada konsumen bahwa bisnis Anda memang nyata dan tidak fiktif.

4. Third Party Validation

Anda juga dapat menambah faktor kepercayaan konsumen dengan membagikan testimonial, daftar konsumen, penghargaan, publikasi di media, dan lain-lain. Dengan begitu,konsumen akan tertarik dengan produk yang anda tawarkan melalui pengalaman konsumen sebelumnya yang sudah menggunakan produk anda. Anda juga akan membangun kredibilitas tinggi dengan baik apabila anda menyantumkan daftar konsumen. Terlebih, apabila konsumen anda adalah bisnis, perusahaan besar, dan orang-orang yang berasal dari perusahaan besar.

5. Secure Socket Layer (SSL)

SSL merupakan faktor penting untuk sebuah website. Berfungsi sebagai sistem enkripsi yang melindungi keamanan dalam melakukan pertukaran data antara konsumen dengan website, khususnya apabila anda hendak mencantumkan pembayaran menggunakan kartu kredit. Konsumen akan merasa aman untuk berbelanja di website Anda. Terapkan SSL dan berikan informasi yang jelas kepada konsumen bahwa website anda mempunyai fitur keamanan untuk transaksi online.

Baca : Tutorial Order Website di Web 101

6. Navigasi

Rancang proses berbelanja dengan mudah dan window shopping menjadi nyaman dan semenarik mungkin. Jangan sampai anda membuat konsumen anda kesulitan untuk menemukan apa yang mereka cari. Anda juga harus mempelajari data pengunjung. Anda bisa mulai dari halaman produk mana mereka datang, apa saja yang mereka cari melalui kotak pencarian, produk apa saja yang dibeli, dan lain sebagainya. Anda pun dapat menentukan produk apa saja yang harus ditampilkan di halaman website bisnis anda.

7. Petunjuk Untuk Bertransaksi yang Jelas

Anda juga perlu memberikan arahan step-by-step yang jelas dan terperinci kepada konsumen bagaimana cara berbelanja produk atau memakai jasa di website Anda. Namun terkadang ada sesuatu terjadi yang semestinya tidak terjadi. Maka anda juga harus memberikan petunjuk apa yang harus dilakukan konsumen.

Apabila anda mengirimkan produk melalui ekspedisi, sertakan informasi biaya kirim, estimasi atau waktu pengiriman serta cara untuk melacak paket bagi konsumen. Lakukan tahap ini sebelum total pembayaran ditampilkan, supaya tidak mengecewakan konsumen.

Selain itu, sebaiknya berikan garansi uang kembali dan informasikan bagaimana cara mengembalikan barang yang tidak sesuai, yang tentunya sebelumnya sudah memberikan kontak customer service atau layanan pengaduan yang dapat dihubungi dengan cepat.

8. Fitur Memberikan Respon

Ketahuilah pendapat konsumen yang telah diberikan dengan mencantumkan fitur memberikan komentar tentang produk yang mereka beli di website anda. Hal ini merupakan kepedulian anda terhadap kebutuhan dan kepuasan konsumen terhadap produk yang anda tawarkan.

Tentu saja anda bisa menyediakan contact form atau alamat email bisnis anda untuk menyampaikan kritik dan saran. Anda juga bisa mempertimbangkan bonus untuk menarik minat mereka untuk bercerita tentang pengalaman yang terkait dengan produk atau jasa anda. Hal ini bisa menjadi konten artikel yang menarik untuk blog bisnis.

9. Call to Action

Anda juga perlu menyantumkan tombol yang jelas di website anda bagi konsumen seperti “Buy Now” atau “Daftar Newsletter”. Namun ternyata masih banyak website bisnis yang melewatkan hal ini. Terkadang mereka masih menampilkannya dalam bentuk, warna dan posisi yang kurang jelas. Dalam hal ini, maka sudah waktunya anda memberikan arahan yang jelas kepada pengunjung untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

10. Berikan Tawaran Spesial dan Personalisasi

Sesekali anda juga perlu memberikan penawaran menarik yang disesuaikan khusus untuk konsumen anda dan sebutkan nama mereka di dalam email dengan bentuk newsletter. Penawaran ini dapat berbentuk potongan harga atau voucher sejumlah nominal yang menarik. Anda juga dapat memberikan kartu ucapan terima kasih atau bonus dadakan.

Bagaimana? Tertarik untuk membuka bisnis online? Pastikan anda membuat rancangan dan strategi terlebih dahulu. Anda juga bisa merencanakannya bersama Web101 dengan mengunjungi  www.web101.com. Web101 meruapakan jasa pembuatan website yang akan membantumu menciptakan website bisnis yang profesional demi kelancaran bisnismu.

Nurul
Penulis: Nurul

Lakukan yang terbaik dan Ayo Mulai dari mana kamu berada. Penulis Konten Web101. Memiliki pengalaman menulis konten bisnis dan teknologi.

bikin wesbite murah

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Fitur Yang Harus Ada dalam Website Bisnis | Web101 - […] Baca Artikel : 10 Hal Yang Perlu Ada Di Dalam Website Bisnis  […]
  2. Ketahui Kekuatan Headline Untuk Konten Anda! | Web101 - […] Baca : 10 Hal Yang Perlu Ada Di Dalam Website Bisnis […]
  3. Jasa Pembuatan Web Design - […] Baca Artikel : 10 Hal Yang Perlu Ada Di Dalam Website Bisnis […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa website murah

Artikel Terbaru

Pin It on Pinterest

Share This