Jasa Pembuatan Web Design

Friday, 3 September 2021

Jasa Pembuatan Web Design

Jasa Pembuatan Web Design – Jika kemarin sudah membahas mengenai penggunaan website app dan mobile app di website app dan mobile app sekarang kita akan membahas mengenai website dan website app. Banyak yang sudah paham tentang apa itu website dan bagaimana penggunaanya untuk media penyebaran informasi di internet. Namun masih banyak yang tidak bisa membedakan apa itu website biasa dan website aplikasi. Padahal dari segi tampilan dan fungsi keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok, sedangkan dari tujuan pembuatan keduanya juga sudah berbeda.

Sebenarnya penggunaan website dan website aplikasi ini sudah sangat familiar di keseharian kita namun barangkali kita kurang begitu paham perbedaannya. Apa saja sih perbedaan website app dan website biasa? 

Website

Website adalah kumpulan halaman digital yang bisa diakses secara online berisi informasi penting yang perlu publish untuk umum. Website ini banyak digunakan untuk kepentingan marketing ataupun informasi umum seperti digunakan untuk perusahaan, sekolah maupun layanan umum lainya.

Baca Artikel : 7 Jenis Website Berdasarkan Fungsinya, Mana Punyamu?

Website macam ini tentunya sudah banyak kamu temui di internet, bukan? Bahkan sering kamu akses. Sayangnya website seperti ini hanya bisa digunakan untuk mengakses informasi saja, sehingga kamu hanya bisa menikmati konten yang sudah tersedia.

Salah satu contoh website ini adalah Web101. Di dalam website ini kamu hanya bisa mengakses informasi saja.

Aplikasi Website (Website Application atau Web App)

Berbeda dengan website yang hanya digunakan untuk penyampaian informasi saja, website app ini cenderung dibuat untuk pelayanan atau pemrosesan data sehingga website sejenis ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan.

Jika dalam website biasa tidak ada pertukaran informasi di dalamnya, maka di web app ini terjadi pertukaran informasi. Misalnya ketika kamu membuka website aplikasi e-commerce maka kamu memasukkan beberapa data, misalnya akses login, alamat,  melakukan pembayaran, dan menggunakan fitur lainya. Jadi ada aktifitas di dalam website ini, bukan hanya menikmati informasi saja tanpa bisa melakukan tindakan.  

Nah inilah yang disebut web app, sedangkan jika di web biasa kamu hanya bisa menikmati atau membaca konten saja tanpa bisa melakukan pertukaran data.

Secara sederhana, website app ini dapat dipahami dengan program aplikasi yang bisa diakses menggunakan browser baik itu desktop maupun mobile.

Salah satu contoh web app yang sekarang ini cukup popular adalah website e-commerce Shopee. Di dalam website app Shopee ini kamu bisa melakukan perbelanjaan dengan mudah, melakukan pembayaran, kirim dana sampai dengan akses chat kepada penjual.

Dari sini sudah paham ya!  

Apa Perbedaan Website dan Website App?

Ada beberapa perbedaan antara website dengan website app. Perbedaan ini akan membentuk beberapa karakter masing-masing. Beberapa perbedaan diantaranya adalah

1. Tujuan Pembuatan

Keduanya memiliki tujuan pembuatan yang cukup berbeda satu sama lain, website dibangun untuk kebutuhan penyebaran informasi saja. Sedangkan website app dibuat dengan tujuan khusus yaitu untuk kebutuhan pemrosesan data yang bisa diakses dengan mudah melalui browser.

Tujuan pembuatan ini membawa website app memiliki komplesitas lebih besar jika dilihat dari sisi pembuatan dan programnya.

2. Proses Pengembangan

Jika website bisa dikembangkan menggunakan program CMS seperti WordPress, Drupal, Joomla dan lain sebagainya, maka website app membutuhkan proses pengembangan yang lebih kompleks.

Menggunakan CMS untuk membangun website, kamu tidak perlu memahami bahasa pemrograman dan coding sedangkan untuk website app tentunya membutuhkan kerangka dari coding ini. Beberapa bahasa pemrograman yang pasti digunakan untuk membangun website app ini misalnya HTML, CSS, Ruby atau Phyton.

Pembuatan website app perlu design yang matang, bahkan perlu menggunakan developer atau engineer website dari jasa pembuatan web design profesional. Berbeda dengan website yang bisa dibuat sendiri dari CMS.

Sedangkan pada website penggunaan coding hanya digunakan ketika dibutuhkan saja. Jadi dari sini terlihat perbedaanya.

3. Interaksi Pengguna

Website biasa memang diciptakan untuk penyebaran informasi secara searah, sedangkan untuk website app dirancang untuk pertukaran informasi dua arah sehingga di dalam program ada interaksi yang terjadi di dalamnya. Sehingga di dalam website app kamu bisa melakukan banyak hal, tidak hanya akses satu arah saja.

Kemudahan yang diberikan oleh web app inilah yang membuat web app banyak dipilih menggantikan program-program lainya.

Manakah yang Lebih Baik ? Menggunakan Aplikasi Mobile atau Website? Apakah Pelaku Usaha Perlu Menggunakan Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi Untuk Mendukung Bisnis Mereka? Yuk Cari Tahu Ke-efektifan Aplikasi Mobile vs Website

Web101.co.id

4. Kebutuhan Hosting

Tidak cukup membutuhkan jasa design web  untuk website app, sebab ia juga perlu layanan hosting yang besar. Berbeda dengan website biasa, website app membutuhkan lebih banyak kebutuhan hosting. Jika website bisa dijalankan dengan shared hosting sedangkan website app membutuhkan spesifikasi lebih besar daripada itu. Minimal penggunaan hosting untuk website app adalah VPS, bisa lebih berkembang menggunakan dedicated.

Kebutuhan hosting yang cukup besar ini karena besarnya kebutuhan web app untuk menjalankan website. Misalnya dengan kebutuhan konten yang besar dan juga stabilitasnya ketika traffic website sedang padat.

5. Autentifikasi

Website tidak memerlukan proses autentifikasi jika kamu ingin mengakses informasi di dalamnya. Sedangkan jika website app kamu perlu melakukan melakukan autentifikasi untuk menjaga keamanan.

Website app membutuhkan akses login sehingga membutuhkan proses autentifikasi. Selain untuk menjamin keamanan website, proses autentifikasi ini diberikan untuk memberikan kenyamaan kepada kepada pengguna.

Perbedaan Website dan Website App dalam Tabel

PerbedaanWebsiteWebsite App
TujuanPenyebaran informasiPemrosesan data
PengembanganBisa dibangun dengan CMS. Kebutuhan coding menggunakan HTML-CSSPengembangan membutuhkan coding dalam bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Rubby atau Phyton.  
Interaksi PenggunaSearahDua arah
Kebutuhan Hosting  Bisa menggunakan shared hostingPerlu hosting besar untuk membackup kebutuhan
AutentifikasiTidak  perluPerlu melakukan autentifikasi
Perbedaan Website dan Website App

Keuntungan Penggunaan Website dan Website app

Beda media beda lagi keuntungan yang didapatkan darinya. Beberapa keuntungan masing-masing media adalah

Website

  • Sebagai media marketing yang cukup efektif di internet
  • Membantu penyebaran informasi lebih cepat
  • Mudah ditemukan dan menaikkan branding
  • Pembuatan dan pengelolaan cukup mudah.

Baca Artikel : Yuk Ketahui Trend Design Grafis Yang Populer Di Tahun 2021

Website App

  • Mempermudah program, bisa dibuka di browser tanpa perlu melakukan instalasi
  • Mudah digunakan di browser mobile maupun di desktop
  • User friendly
  • Tidak memakan banyak resource

Website app dibuat untuk kemudahan pengguna atau pilihan yang mudah jika tidak memiliki aplikasi di handphonenya. Sehingga aplikasi tetap bisa diakses menggunakan browser desktop maupun mobile. Apalagi sekarang ini website app bisa  dioptimalkan dengan PWA (Progresif Website App) yang membantu tampilan dan penggunaan website app khususnya di browser mobile lebih mudah dan responsif. Sehingga website app bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bagaimana dengan website? website cenderung memiliki tema-tema responsif untuk browser mobile. untuk keperluan penyebaran informasi dan mudah diakses menggunakan browser dekstop, hal ini sudah sangat cukup.

Kapan Perlu Menggunakannya?

Sisi penggunaan ini bisa dipahami jika sudah mengetahui tujuan pembuatan dan penggunaan masing-masing. Jadi kapan waktu yang tepat untuk menggunakan website dan website app?

NoWaktu Penggunaan WebsiteWaktu Penggunaan Website App
 1Menaikkan branding di media digital terutama internetMeningkatkan kemudahan layanan agar bisa diakses menggunakan berbagai perangkat dan media
 2Menguatkan branding dari kompetitor di internetIngin meningkatkan penjualan
 3Meningkatkan kualitas dan profesionalitas brandingMembutuhkan system penjualan/pelayanan yang handal
 4Meluaskan jangkauanMemberikan solusi untuk pelayanan kepada pelanggan yang lebih mudah dan cepat
 5Membutuhkan wadah sebagai pusat informasi untuk konsumen 
 6Ingin meningkatkan penjualan 
Penggunaan Website dan Website App

Berdasarkan penggunaan website di atas, sudah jelas ya kapan kamu perlu menggunakan website dan website app. Dari segi tujuan, penggunaan sudah sangat berbeda jadi kamu bisa menyesuaikan apa kebutuhan kamu.

Sebelum membuat website app yang besar akan lebih baik jika mebuat website terlebih dahulu untuk meningkatkan branding dan marketing. Jika sudah perlu pengembangan layanan dan memberi kemudahan kepada pelanggan maka mengembangkan website app adalah pilihan yang baik.

Baca Artikel : 10 Hal Yang Perlu Ada Di Dalam Website Bisnis

Penggabungan website dan website app juga bisa dilakukan. Beberapa website e-commerce besar juga melakukan penggabungan  website macam ini untuk memaksimalkan layanan dan tetap eksis di internet.

Pembuatan Website WEB101

Salah satu rekomendasi web design untuk membantu pembuatan website adalah WEB101. Hadir dengan  dengan paket murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Apalagi layanan sudah termasuk jasa hosting, domain dan design website.

Mulai dari 350ribu, pelanggan sudah bisa mendapatkan website instan dengan tampilan profesional yang cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari website perusahaan, toko online dan lainya.

Jasa pembuatan website berkualitas dan ramah untuk UMKM ya WEB101, pilih design kamu dan buat website untuk semua keperluan hanya di WEB101.

Nurul
Penulis: Nurul

Lakukan yang terbaik dan Ayo Mulai dari mana kamu berada. Penulis Konten Web101. Memiliki pengalaman menulis konten bisnis dan teknologi.

bikin wesbite murah

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa website murah

Artikel Terbaru

Pin It on Pinterest

Share This